20 kebiasaan sehat

Di bawah ini 20 kebiasaan sehat yang hanya membutuhkan beberapa menit dari waktu Anda.
> A. Faktor Makanan
> 1. Lawan kanker payudara dengan mengkonsumsi tunas brokoli. Tunas brokoli merupakan sumber yang kaya akan sulforaphane,
> suatu kadar antioksidan yang sangat tinggi. Menurut riset yang dilakukan Universitas Johns Hopkins, sulforaphane dapat mengurangi sekitar
> 60% jumlah parasit yang mengembangkan kanker payudara setelah dikeluarkan oleh carcinogens.
> Satu ons setiap penyajian atau sekitar setengah cangkir tunas brokoli mengandung sedikitnya 73 miligram sulforaphane jumlah yang ditemukan
> pada 1-1/4 pon brokoli dewasa masak.
> 2. Masaklah dengan menggunakan kedelai untuk menjaga arteri serta jantung Anda
>  Anda ingin menurunkan kolesterol sebesar 11% dalam enam minggu? Cobalah selalu menambahkan kedelai dalam menu diet Anda.
> Anda bahkan bisa mengurangi kadar dialostik dalam darah Anda dalam enam poin pada minggu yang sama. (Diastolik mengacu pada
> rendahnya tekanan darah dalam arteri setelah terjadi kontraksi pada jantung).
> Hasil tersebut sesuai dengan peryataan yang dikeluarkan oleh Universitas Wake Forest di Winston-Salem, North Carolina yang menyatakan sedikitnya
> 43 wanita yang telah berusia 45 tahun sampai 60 tahun yang mengkonsumsi dua sendok makan bubuk kedelai yang dicampur dalam susu atau jus jeruk
> atau pada sereal yang dikonsumsi setiap pagi. Jika tidak, Anda bisa mengkonsumsi secangkir susu kedelai, secangkir tofu,
> seciduk bubuk protein kedelai, atau segenggam kacang kedelai panggang.Kedelai mengandung estrigen yang baik untuk melawan kanker
> atau arteriolosclerosis, ujar kepala riset Gregory Burke, M.D., dari Wake Forest's Department of Public Health Sciences.
>
> 3. Konsumsilah folic acid untuk menurunkan risiko kanker usus sebesar 75% Kita pasti telah mendengar tentang folid acid serta keuntungannya
> melawan cacat bawaan dan bahkan melawan homocysteine, penyebab utama penyakit jantung. Meskipun juga terdapat sisi negatifnya,
> seperti yang tercantum dalam Harvard Nurses' Health Study yang mengkonsumsi 400 mikrogram folic acid setiap harinya selama 15 tahun
> menunjukkan bahwa risiko kanker mereka turun sebesar 75%. Sedangkan wanita yang meminum suplemen selama lebih dari 10 tahun
> cenderung mengalami penurunan sebesar 20%, seperti yang dilaporkan oleh Annals of Internal Medicine. Saat ini rata-rata kematian karena kanker
> usus mengungguli kanker payudara dan hanya selisih dua dari kanker paru-paru.
> 4. Makanlah blueberries untuk menjaga mata serta arteri Anda Dua pertiga cangkir blueberries mengandung kapasitas sebesar
> 1.773 IU vitamin E (60 kali pada konsumsi harian yang dianjurkan) dan 1.270 mg vitamin C (21 kali pada konsumsi harian yang dianjurkan).
> Antioksidan anthocyanin tidak hanya memberi warna pada blueberries, tetapi juga mencegah pembekuan darah yang menyebabkan
> serangan jantung, ujar Mary Ann Lila Smith, Ph.D., seorang professor vitro technology di Universitas Illinois.
> Penelitiannya menunjukkan bahwa blueberries dapat memperbaiki pengelihatan serta memperlambat penurunan macular dengan
> memperkuat pembuluh darah pada bagian belakang mata. Menurut penelitian yang dilakukan Universitas Boston's Tufts menyatakan
> rata-rata tikus yang makan blueberries selama dua bulan cenderung lebih cepat, terkordinasi, serta dapat lari dengan terarah menurut
> Journal of Neuroscience.
> 5. Mulailah dengan sop Anda akan mengkonsumsi sedikit kalori jika Anda mulai bersantap dengan
> semangkuk sop, menurut sebuah studi di Baylor College of Medicine di Houston.
> Sup panas akan membantu Anda mengisi perut Anda sehingga Anda akan makan lebih sedikit pada menu utama, ujar John Foreyt, Ph.D.,
> seorang direktor pada sekolah penelitian program gizi.Individu yang mengkonsumsi semangkuk sup cenderung mengalami
> penurunan berat badan sekitar (sekitar 1,3 pon) dibandingkan yang lainnya selama selang waktu satu tahun.

> B. Latihan Mental
> 6. Catat semua emosi Anda di sebuah secarik kertas Catatlah setiap tiga menit di jurnal Anda, tulislah ungkapan cinta, atau
> sekedar catatan kecil ke teman Anda, ujar Pamela Peeke, M.D. asisten klinis professor of medicine di Universitas Maryland, Baltimore,
> dan pengarang Fight Fat After 40 (Viking, 2000). Terutama saat Anda sedang dalam situasi stress, cobalah untuk menulis emosi Anda dengan
> perasaan penuh haru. Para peneliti di Universitas New York di Stony Brook menemukan
> sedikitnya 47 dari 100 penderita asma dan reumatik pada arthritis pada penelitian tersebut terbukti mengalami penurunan frekuensi serta
> gejala-gejala pada penyakit yang mereka derita setelah mencatat kejadian-kejadian yang paling membuat mereka tertekan dalam hidup mereka selama empat bulan.
> Mereka mencatat sedikitnya selama 20 menit setiap hari pada tiga hari berturut-turut. Tidak satupun dari mereka yang mencatat tentang topik
> non emosional yang menunjukkan perubahan yang bernilai, menurut sebuah laporan pada Journal of the American Medical Association tahun lalu.
> Jadi cobalah gali emosi Anda dan jadilah sehat.src="http://h0404055.wordpress.com/wp-includes/js/tinymce/plugins/wordpress/img/trans.gif" alt="" />
>
> 7. Nikmati hidupmu dan hiduplah lebih lama
> Nikmatilah pertunjukan seni, seperti nonton film, atau sekedar
> menghadiri konser di akhir pekan. Mungkin Anda bisa hidup lebih lama.
> Sebuah studi pada 1.200 orang di Swedia menemukan bahwa sekitar
> 36% masyarakat yang terbiasa menghadiri even-even tradisional
> cenderung lebih memiliki daya hidup lebih lama dibanding mereka
> yang jarang menonton even tersebut. Mengapa?
> Seperti yang dilaporkan di British Medical Journal,
> seperti bersenang-senang dapat meningkatkan sistem kekebalan
> dan membantu meredakan rasa sakit.
>
> 8. Memutar musik dapat menaikkan antibodi Anda
> Mendengarkan musik jazz sekitar setengah jam dapat meningkatkan
> immunoglobulin A sistem kekebalan tubuh untuk melawan infeksi dan
> infeksi pada pernafasan yang dapat menaikkan sekitar 14%,
> studi tersebut melibatkan sekitar 66 siswa Universitas Wilkes-Barre,
> Pennsylvania.
> Studi tersebut diterbitkan dalam Journal of Perceptual and Motor Skills.
> Musik yang menenangkan dapat membantu Anda untuk lebih rileks
> dan mempercepat penyembuhan, ujar Michael G. McGuire, professor
> dan direktur Music Therapy at Eastern Michigan University di Ypsilanti.
>
> 9. Bermain puzzle untuk mencegah penyakit Alzheimer
> Melatih otak Anda dapat menurunkan perkembangan penyakit Alzheimer.
> Sebuah studi terbaru menyatakan sekitar 193 penderita Alzheimer dan
> 358 orang sehat terutama yang berusia sekitar 70 tahun menunjukkan
> bahwa mereka yang aktif secara mental pada usia 40 sampai 60 tahun
> tiga kali lebih berisiko mengalami Alzheimer. Studi tersebut dilakukan
> oleh Case Western Reserve University di Cleveland, Ohio.
> Hal tersebut cukup masuk akal,ujar James Mortimer, Ph.D., seorang
> direktur Universitas South Florida Institute on Aging. Jika Anda pergi
> ke sebuah gym dan mengangkat beban, otot Anda akan bertambah besar
> dan kuat untuk mengangkat lebih banyak beban. Kita sangat terkejut
> jika Anda tidak melatih otak Anda mulai dini.
> Teori tersebut ibarat sebuah batang pohon di mana sel-sel otak akan
> tumbuh seperti sebuah teka-teki, puzzle, papan mainan, serta permainan
> yang membutuhkan intelejensi. Kurang menggunakan intelejensi kita
> seperti sebuah batang yang jatuh dari pohonnya, ujar Mortimer.
>
> 10. Pertajam ingatan Anda dengan tidur
> Bersandarlah, pejamkan mata Anda, dan cobalah untuk rileks selama
> beberapa menit yang dapat membantu Anda menjernihkan pikiran. Jika
> Anda benar-benar tertidur, semua yang Anda lakukan untuk mengurangi strees
> selalu membuat sebuah perubahan, ujar James B. Maas, Ph.D.,
> seorang professor Universitas Cornell di Ithaca, New York, serta
> pengarang Power Sleep (HarperCollins, 1999).
> Akan lebih baik: Tidurlah selama 15 menit tetapi berkualitas.
> Orang-orang selalu berkata bahwa mereka tidak punya cukup waktu, tetapi
> mereka selalu sempat untuk minum kopi. Daripada mengganti waktu tidur Anda
> dengan secangkir kopi, mengapa Anda tidak mencoba membayar utang tidur
> Anda
> dan mengisi ulang tenaga Anda? Sangat mengagumkan, karena Anda akan
> melalui sisa hari yang lebih hidup dan suasana hati Anda akan kembali
> baik.
>
> C. Olah Tubuh
> 11. Berputar untuk mengurangi ketegangan
> Jika Anda menderita rasa tegang pada bagian belakang tubuh Anda,
> ambil bola tenis kemudian berdiri dengan punggung Anda bersandar
> membelakangi tembok, taruh bola tenis antara Anda dan dinding,
> pindahkan punggung Anda mengikuti arah bola pada daerah yang
> sulit dijangkau. Anda akan merasa seperti di pijat, ujar Dr. John Cianca,
> seorang asisten professor di physical medicine dan rehabilitasi di
> Baylor College of Medicine Houston.
>
> 12. Jadilah seekor sphinx atau ular kobra untuk meredakan sakit punggung
> Anda
> Melakukan yoga selama tiga menit dengan gaya Kobra atau Sphink
> dapat meredakan sakit punggung Anda. Berbaringlah dengan perut di lantai,
> pegang tumit Anda. Jagalah agar pinggang Anda tetap berada di lantai,
> naikkan tubuh Anda dengan lengan Anda sampai sikut Anda. Latihan ini
> dapat membantu meredakan sakit otot pada punggung Anda, ujar Dr.Cianca
> dari Baylor College of Medicine.
> Tetapi jika Anda menderita herniated disk atau arthritis, latihan tersebut
> tidak dapat membantu Anda, segera hentikan jika latihan tersebut membuat
> Anda terluka.
>
> 13. Sunglasses membantu mencegah katarak
> Menggunakan sunglasses dapat membantu Anda terhindar dari katarak
> sampai sekitar duapertiga seperti yang telah ditunjukkan sebuah studi
> pada 3000 nelayan di Chesapeake Bay. Penelitian tersebut dilaporkan
> di Journal of the American Medical Association dua tahun yang lalu.
> Lensa mata termasuk benda hidup dan sinar ultraviolet dapat membakarnya
> seperti membakar kulit Anda yang menyebabkan katarak dan
> gangguan mata lainnya,ujar Anne Sumers, M.D., pembicara dari Ridgewood,
> New Jersey, ophthalmologist dari American Academy of Ophthalmology.
>
> 14. Berjalanlah untuk mengurangi berat badan Anda
> Berjalan selama beberapa menit dengan kecepatan pasti dapat
> membakar kalori lebih banyak dibandingkan saat Anda duduk dan
> menonton TV. Berjalan sekitar 10 menit setiap hari akan membakar
> 130 pon pada seorang wanita yang menjalani diet hampir sekitar
> 5 pon setiap tahunnya jika memang dietnya tidak mengalami perubahan.
>
> 15. Banyak berlatih
> Anda bisa mendapat hasil yang cepat hanya dengan melakukan
> tiga latihan dasar utama seperti crunches, push-up, dan squat.
> Jika Anda kesulitan melakukan push-up di lantai cobalah untuk
> melakukannya di dinding sandarkan bahu Anda, dan bagian belakang
> tubuh Anda. Berdiri menjauhi dinding dan tempatkan kepalan tangan Anda
> di bawah dan gerakkan bahu menjauhi dinding. Bersandar dan kemudian
> dorong tubuh Anda tanpa menggerakkan siku ke arah samping.
> Untuk latihan perut berbaring dengan wajah menghadap lantai dengan
> lutut bengkok dan kaki sejajar dengan lantai. Tekuk tangan Anda
> di depan dada dan gerakkan bahu Anda menuju lutut. Keluarkan nafas
> melalui mulut saat tubuh Anda naik dan hirup udara melalui hidung Anda
> saat Anda membungkuk.
> Lakukan squat untuk memperkuat pantat dan kaki Anda.
> Berdiri dengan sejajar bahu dengan kaki menghadap ke depan.
> Bungkukkan tubuh Anda dengan membiarkan seluruh berat badan
> pada tumit Anda. Anda akan seperti duduk di sebuah kursi tidak seperti
> saat Anda mencari sebuah kontak lens, ujar Susan Magee, pelatih pribadi
> dan manager operasional pada Memorial Athletic Club di Houston.
> Jangan terlalu membungkuk pada bagian pinggang Anda dan pastikan
> Anda tidak membuka jari-jari Anda terlalu lebar. Lakukan latihan tersebut
> sedikitnya tiga kali seminggu mulai 10 sampai 20 hitungan.
> Tambahkan set setiap kali Anda berlatih dan beri senggang waktu 15 detik
> setiap set-nya.
>
> D. Mempertahankan Kebaikan
> 16. Bersikat gigi dan selalu menggunakan dental floss
> Buatlah diri Anda kelihatan lebih muda enam tahun dengan selalu
> menyikat serta membersihkan sela-sela gigi setiap hari, ujar Michael
> Roizen, M.D.,
> seorang anesthesiologist dan internist pada Universitas Illinois di
> Chicago.
> Roizen penulis buku Real Age: Are You as Young as You Can Be?
> (Cliff Street Books, 1999), menuturkan bahwa penelitian terakhir
> menunjukkan
> sebuah hubungan antara bakteri pembusuk yang terdapat di mulut dengan
> bakteri yang terdapat di tenggorokan. Bersihkan gigi Anda dengan benang
> gigi
> setiap hari dapat membuat arteri Anda lebih muda, ujar Roizen.
> Laki-laki di bawah usia 50 tahun yang menderita penyakit di sekitar daerah
> giginya
> cenderung 2,6 kali mengalami kematian prematur dan tiga kali lebih
> berisiko
> terserang penyakit jantung dibanding pria yang bergigi serta bergusi
> sehat.
>
> 17. Lawan influenza dengan memberitahu buah hati Anda untuk selalu mencuci
> tangan
> Anak yang terbiasa mencuci tangannya dengan sabun sedikitnya empat kali
> sehari
> selalu menghadiri kelas sekitar 75%, dimana 25% karena sakit flu dan 50%
> karena
> sakit perut dibandingkan anak yang jarang mencuci tangan.
> Penemuan tersebut dilakukan di 305 sekolah dasar di daerah Grosse Pointe
> Park,
> Michigan seperti yang dikutip di Journal of Family Practice.
>
> 18. Bumbui masakan Anda untuk membunuh bakteri
> Apel yang di pasteurisasi dapat membunuh bakteri.
> Menambahkan campuran sesendok teh ke dalam 64 sari apel yang belum
> di-pasteurisasi dapat membunuh sekitar 99% bakteri E Coli
> yang mungkin ada, terang seorang peneliti microbiology di
> Universitas Kansas State di Manhattan, Kansas.
> Mereka juga menemukan bahwa menambahkan sekitar 3 sendok teh clove
> pada setiap seperempat pon hamburger juga memiliki efek yang sama.
> Anda bisa menambahkan lebih banyak clove, cinnamon, bawang putih,
> dan oregano.
> Bakteri E Coli dapat memicu timbulnya keracunan makanan serius,
> kerusakan ginjal, dan bahkan bisa menyebabkan kematian.
> Anda tetap harus memanaskan makanan Anda meskipun bumbu juga
> dapat membantu, ujar Erdogan Ceylan, seorang asisten peneliti
> microbiology.
>
> 19. Teliti konsumsi obat Anda
> Selalu berkonsultasilah pada ahli farmasi Anda tentang pengobatan
> yang Anda jalani baik herbal ataupun pengobatan yang lainnya, saran
> David Witmer, Pharm. D., direktur Professional Practice dan
> Scientific Affairs Division di the American Society of Health-System
> Pharmacists,Bethesda, Maryland.
> Banyak orang tidak menyadari jenis obat yang mereka konsumsi
> termasuk obat flu, antihistamines, pil KB terutama obat-obatan herbal
> serta suplemen diet yang biasanya bereaksi pada setiap resep
> obat,tambahnya.
> Interaksi antara makanan, obat-obatan, dan suplemen terbukti
> dapat menyebabkan kematian, yang telah membunuh sekitar 7.000 orang
> setiap tahunnya dan 7% rawat inap di rumah sakit, menurut
> Journal of the Geriatric Society.
>

> 20. Periksalah tekanan darah Anda secara rutin

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: